Kamis, 04 Januari 2018

5 Ciri-Ciri Dan Penyebab Browser PC Dan Smartphone Android Terjangkit Malware


Malicious Software atau yang lebih dikenal Malware merupakan sebuah program yang dibuat dengan tujuan untuk merusak dengan cara menyusup ke dalam sistem komputer. Tidak hanya menyusup di 1 komputer, malware dapat menyusup ke beberapa komputer sekaligus hanya dengan memanfaatkan email, download internet, maupun program di komputer yang sudah terinfeksi.

5 Tanda, Ciri-Ciri Dan Penyebab Browser PC Dan Smartphone Android Terjangkit Malware

Salah satu resiko yang harus kita terima setelah terkena malware adalah pencurian data / informasi, yang mana sangat merugikan pengguna, apalagi ada data-data yang sangat penting didalamnya. Malware memiliki beberapa jenis virus, trojan horse  worm, spyware , sebagian besar rootkit, adware yang jahat, dan beberapa software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Malware juga bisa menyerang browser yang kita miliki, hal ini bisa terjadi disebabkan pengguna melakukan aktivitas download di beberapa website yang sudah terinfeksi malware, membuka link tidak dikenal via email, maupun menginstal aplikasi yang sudah terinfeksi malware sebelumnya.
Berikut ini 5 tanda, ciri-ciri dan penyebab browser pc dan smartphone android terjangkit malware terbaru 2018/2019.

1. Laman pada Browser Berganti Jadi Situs Lain


Saat kalian membuka web browser pastinya langsung tertuju ke penyedia browser langsung. Misalnya saat kalian membuka google chrome, tentunya langsung mengarah ke laman muka pencarian Google. Namun jika kalian menemukan laman berganti situs lain, bisa jadi itulah tanda-tanda malware yang sudah masuk di browser kalian.
Hal ini disebabkan biasanya karena kalian sering mendownload konten, aplikasi, video, musik, berbagai file lain dari situs yang tak bisa dipercaya. Dari proses download itulah malware mulai masuk ke peramban browser milik kalian. Untuk itu lebih berhati-hatilah saat akan mendownload apapun di internet. Lebih baik menggunakan anti virus agar lebih aman.

2. Muncul Tab Baru secara Massal


Nah masalah ini biasanya sering terjadi di pengguna internet yang masih awam dan masih baru bahkan bisa menimpa kalian yang mungkin lupa mengaktifkan antivirus. Salah satu tanda-tanda malware berikutnya adalah munculnya tab baru secara massal ( banyak ). Biasanya hal ini disebabkan pembuat situs memasang iklan pop up yang bisa berdampak ke pengguna internet yang membuka situs, dampaknya saat pengguna membuka situs langsung redirect ke situs yang tidak dikenal dan menyuruh pengguna untuk mendowload aplikasi. Dari situlah tanda malware berupaya menyerang web browser kamu.

3. Loading Website atau Situs Jadi Lemot


Loading website yang lemot terkadang bukan disebabkan karena akses internet yang lemot, namun masalahnya biasanya terjadi di aplikasi web browser, bisa jadi karena cache browser yang terlalu banyak, bisa juga karena aplikasi sudah terserang virus dan malware. Untuk perlu tindakan scan antivirus agar aman.


4. Muncul Iklan yang Tak Beraturan


Iklan yang mengganggu dan sering muncul bisa disebabkan 2 hal, yakni pembuat situs yang memang memasang iklan terlalu banyak, atau memang browser kalian yang sudah terinfeksi malware yang mengakibatkan iklan muncul di setiap sudut dan tidak dapat dihapus. Meskipun iklan-iklan yang muncul terkadang tidak membahayakan, ada juga iklan yang menjebak pengguna agar dapat menginstal app tanpa disadari pengguna. Virus itu sering disebut Adware

5. Browser Sering Mengalami Crash


Crash biasanya disebabkan karena browser sudah tidak kompatibel dengan plugin-plugin yang sudah terinstal dan update. Namun terkadang ada hal yang tidak wajar ketika kita membuka situs yang sebenarnya ringan tidak ada video dan lain-lain yang memberatkan, kemudian browser kalian langsung crash. Nah disitulah letak tanda-tanda bisa jadi disebakan malware atau virus.

Itulah 5 tanda, ciri-ciri dan penyebab Browser pada pc dan smartphone terjangkit malware. tentu kita harus lebih berhati-hati lagi dalam surfing di internet, kita harus jadi pengguna yang cerdas dan berhati-hati, karena internet bukan sekedar dunia virtual semata, yang dianggap biasa saja.



EmoticonEmoticon