Sabtu, 09 Februari 2019

#10 Tips Cara Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tidak Tertipu


Di era modern sekarang banyak sekali bermunculan smartphone-smartphone anyar yang keren serta canggih. hal ini terlihat dari minat para pengguna smartphone yang semakin meningkat tiap tahunnya, membuat para vendor berlomba-lomba membuat smartphone terkerennya. semua orang dirasa wajib memiliki alat canggih yang satu ini.

Di sisi fungsi memang smartphone merupakan alat bantu kehidupan manusia yang sangat efesien dalam hal informasi serta alat komunikasi jarak jauh. selain cepat mendapatkan informasi melalui smartphone namun berdampak banyak sekali munculnya disinformasi yang mengganggu.

Tips Cara Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Tapi tak terelakan memang fungsi smartphone sangat dibutuhan manusia sekarang. ya, memang setiap barang/teknologi pasti memiliki positif dan negatif. kita tidak bisa mencap 100% Negatifnya. agar kalian paham untuk memilih sebuah smartphone yang baik itu bagaimana, jangan sampai memilih hanya karena gengsi atau karena fungsi yang sebaiknya tidak harus dipilih.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips untuk memilih samartphone yang cocok untuk anda ditahun 2019 ini. lantas hal apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah smartphone? agar jangan sampai kita tertipu dengan iming-iming "smartphone bagus" para penjual.

Tips Ampuh Untuk Memilih Sebuah Smartphone Berkualitas Sesuai Budget dan Kebutuhan.


1. Sesuaikan Budget dan Kebutuhan Kalian

Lupakan dulu masalah spesifikasi. memang spesifikasi menjadikan indikator utama kualitas sebuah smartphone namun semakin tinggi spesifikasi sebuah smartphone tentu akan mempengaruhi nilai jual smartphone tersebut. jadi jangan membeli apa yang harusnya tidak dibeli; karena faktor bugdet atau juga kebutuhan itu sendiri.

2. Memilih Merk Smartphone Terbaik

Dari pada pusing-pusing untuk memikirkan spesikasi, mending kita pilih merk smartphone ternama/terpercaya dengan kualitas yang terbaik. karena jika kita memilih merk ternama yang berkualitas tentu sudah pasti mereka (vendor) memiliki smartphone yang berkualitas juga. setelah menemumkan beberapa brand yang berkualitas, baru kita bandingkan kembali produk smartphone tersebut dengan brand lainnya dari segi harga dan spesifikasi.

3. Kualitas Build Smartphone

Kualitas build yang dimaksudkan disini adalah bahan bodi yang dibuat untuk smartphone tersebut terbuat dari apa. pada umumnya bodi smartphone terbuat dari bahan plastik, metal, dan kaca. jika kita perhatikan tentu setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. misalkan, bahan yang terbuat dari plastik relatif lebih murah namun dapat meninggalkan noda dan sebagainya. jika terbuat dari kaca terlihat premium dan mudah digenggam namun mudah pecah dan sebagainya. namun ini sangat tidak menjadi masalah.

4. Jenis Layar Smartphone

Bagi orang awam cukup cuek masalah ini namun setelah menggunakan tetap terasa kualitas sebuah layar pada smartphone tertentu. nah, layar juga sangat berpengaruh pada smartphone, lalu ada berapa jenis layar pada smartphone? dan mana yang lebih bagus?

pada umumnya smartphone menggunakan beberapa layar seperti, LCD, TFT LCD, IPS LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED dan Retina Display. lalu mana yang lebih bagus? sejauh ini menurut perbandingan Super Amoled dan Amoled juga OLED adalah layar yang paling bagus. namun saya tidak akan menjelaskan secara detail 1 persatu.

Layar jenis Amoled dan Super Amoled biasanya terdapat di hp merk samsung karena itu teknologi dari mereka sendiri menggabungkan antara teknologi OLED dan TFT dan menghasilkan AMOLED. katanya layar amoled ini lebih efesien dari segi dimensi dan juga konsumsi daya serta warna yang dihasilkan juga lebih tajam. pastinya layar jenis ini biaya produksinya lebih malah ketimbang TFT atau IPS.

5. Prosesor/Chipset (SoC) Smartphone

Mengapa prosesor begitu penting? karena prosesor merupakan otak untuk menjalankan semua perintah yang ada pada smartphone kita nantinya, baik dari sistem operasi maupun aplikasi. perlu diketahui Chipset dalam perangkat mobile lebih dikenal sebagai SoC (Sistem on Chip) yang berarti didalamnya akan terdapat CPU,GPU,ISP, dan sebagainya, lain halnya dengan Chipset pada komputer yang bekerja lebih spesifik.

Snapdragon itu dinamakan sebagai SoC, nah didalam SoC ini terdapat Prosesor/CPU,GPU,ISP(image signal processor),DSP (digital signal processor), dan sebagainya. nah SoC memiliki banyak merek seperti, Snapdragon, Exynos, Tegra, Mediatek dan masih banyak lagi.

nah pada setiap smartphone akan memiliki SoC yang berbeda bahkan 1 merek pun memiliki banyak jenis berbeda. inti pada prosesor dismartphone yang sering kita lihat yakni seperti "dual-core, "quad-core" nah ini sangat berpengaruh pada kinerja smartphone nantinya, nilai satuan pada prosesor ini disebut sebagai GHz (Giga Hertz) atau juga MHz (Mega Hertz), untuk lebih jelas baca sedikit mengenai inti pada prosesor.

6. GPU (Grapichs processing unit) Smartphone

Sama halnya dengan CPU, GPU juga berperan penting sebagai alat untuk memproses atau menerjemahkan sinyal digital menjadi tampilan grafis yang kita lihat dilayar. tentu kulitas sebuah GPU juga nantinya akan berpengaruh, jadi pilihlah GPU terbaik sesuai dengan SoC itu sendiri. contoh beberapa merk GPU (atau yang umum dikenal VGA) pada smartphone seperti, Andreno, PowerVR, Mali dan masih banyak lagi.

7. RAM (Random Access Memory) Smartphone

RAM juga penting, fungsi ram itu sendiri membantu kinerja prosesor untuk menyimpan file yang bersifat sementara, hal ini dapat membantu kerja prosesor membaca semua data pada aplikasi dengan cepat. maka dari itu mengapa RAM 3-6 GB untuk smartphone lebih baik saat dimainkan untuk bermain game atau juga multi-tasking yang cukup berat.

8. ROM (Read only memory) Smartphone

ROM berfungsi sebagai alat penyimpanan pada smartphone kalian untuk menyimpan data seperti foto, video dan sebagainya secara permanen. yang mana ROM akan tetap menyimpan data kalian walau smartphone kalian dalam keadaan mati atau tidak akan terhapus, kecuali anda hapus.

Nah ROM ini berkaitan dengan penyimpanan jika kalian orang yang super sibuk serta perlu penyimpanan yang luas tentu kalian harus pilih smartphone yang memiliki kapasitas yang luas. biasanya pada smartphone memiliki kapasitas ROM sebesar 32GB, 64, dan 128GB. rom lebih dikenal dikalangan awan sebagai internal memory. pada smartphone tertentu bisa kalian tambahkan memory external sebagai memory tambahan.

9. Konektivitas Smartphone

Perhatikan juga konektivitas smartphone, disini yang saya maksud mencakup Network, Bluetooth, WLAN, USB, Audio atau fitur lainnya seperti NFC. ini juga berfungsi sebagai patokan kualitas, biasanya dismartphone mahal atau juga mid-range akan menambahkan fitur tertentu dan meniadakan beberapa fitur ataupun lengkap sebagai daya tarik pada smartphone tersebut.

Seperti smartphone bersinyal 4G jg sangat dibutuhkan sekarang dan hal-hal lainnya yang dirasa membantu kegiatan kalian.

10. Baterai Smartphone

Baterai smartphone sangat perlu untuk menemani kita lebih lama, jika itu yang kalian inginkan. pilihlah smartphone dengan baterai yang memiliki kapasitas tinggi, dihitung dengan satuan mAH (miliampere-hour). semakin besar nilai mAH semakin lama juga daya tahan baterainya tentu ini juga harus didukung akan spesifikasi lainnya agar tidak berat sebelah. maka dari itu rata-rata smartphone yang memiliki baterai tinggi biasanya mempunya spesifikasi yang cukup mumpuni dan harga yang lumayan.

Selain itu baterai yang standartpun bisa menjadi awet jika tau trik menghemat baterai smartphone android. jika kamu perhatikan baik-baik hal ini cukup membantu menghemat daya baterai kalian untuk semua jenis smartphone.

itu saja sedikit tips untuk menunjukan sebuah smartphone yang memiliki kualitas yang baik. semoga dapat membantu, mohon koreksi jika ada salah penulisan ataupun informasi pada artikel ini, terimakasih.



EmoticonEmoticon