Kamis, 14 Maret 2019

Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia


Industri Digital bukan lagi hal yang aneh ditelinga. hasilnya sudah tersebar bukan hanya di perkotaan, di wilayah pedesaan pun semakin banyak tersebar, baik hasil produk atau jasa digital kreatif. hal ini membuktikan perkembangan Era Industri 4.0 nyata adanya.

Umumnya industri digital kreatif didominasi oleh kalangan muda, yang memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mempermudah kegiatan. juga sebagai ladang bisnis pribadi serta membantu membuka lapangan kerja terhadap lingkungan sekitar ataupun profesional.

Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Semua ini bisa terjadi tak luput dari Revolusi Industri, terjadi secara besar-besaran disetiap sektor bidang industri. hal ini juga seiring dengan berjalannya penemuan teknologi-teknologi terbaru memungkinkan revolusi industri ini terjadi.

Awal Mula Revolusi Industri (1.0 sampai 4.0)


Seperti apa sih Revolusi Industri? dan dimulai sejak kapan?

Ternyata Revolusi Industri ini sudah lama terjadi, seiring berjalannya waktu dan dengan itu manusia semakin banyak menemukan teknologi-teknologi baru dan perlahan mulai meninggalkan cara cara lama.

Tepatnya pada tahun 1750-1850 Revolusi Industri terjadi. dimulai dari Inggris (Britania Raya) kemudian menyebar ke Eropa barat, Amerika Utara, Jepang, hingga mencapai ke seluruh dunia. Terjadinya Revolusi Industri disimpulkan karena adanya perubahan pada proses produksi (cara pembuatan atau meningkatkan nilai kegunaan suatu barang) yang awalnya menggunakan tenaga manusia (tradisional) mulai beralih menggunakan peralatan mesin (modern).

Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Terjadinya Revolusi Industri 1.0 (Generasi pertama) pada Abad ke-18 karena munculnya mesin uap dan tenaga air yang mendorong mekanisme dalam industri. Revolusi Industri ini tercatat sejarah sebagai pengangkat perekonomian secara dramatis. dimana selama 2 abad Revolusi ini terjadi, berpengaruh terhadap meningkatnya rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia mencapai 6 kali lipat.

Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Revolusi Industri yang kedua terjadi pada abad ke-19, diakibatkan oleh penerapan konsep produksi massal melalui produksi interchangeable parts, ketika itu dipopulerkan di Amerika. penggunaan tenaga listrik dan ditemukannya konsep standarisasi industri. penemuan ini membuahkan hasil seperti pesawat telepon, mobil, dan lain-lain.

Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Adapun Revolusi Industri 3.0, munculnya teknologi informasi serta elektronika sebagai otomatisasi produksi. terjadi pada abad ke-20 ketika penggunaan alat elektronik dan teknologi semakin mendorong peradaban manusia menuju level baru otomatisasi produksi. ciri Revolusi Industri 3.0 ditandai dengan munculnya teknologi digital dan internet. sistem otomatisasi yang berbasis komputer membantu biaya produksi industri menjadi lebih murah serta tidak lagi dikendalikan oleh manusia.

Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Revolusi Industri 4.0 sedang terjadi sekarang, yang mana dicirikan dengan munculnya cyber physical system. industri bener-benar mengaras ke dunia virtual. dimana semua konektivitas berbentuk virtual, baik pengguna, mesin, dan data, semua sudah ada dimana-mana. hal ini dikenal dengan Internet of Things (IoT).

Industri 4.0 benar-benar menekankan proses produksi atau interaksi terjadi menggunakan kemampuan AI (Artificial Intellegent atau Kecerdasan Buatan) sehingga memunculkan SuperKomputer, Robot, dan alat-alat atau barang yang menggunakan Artificial Intellegent lainnya. yang memungkinkan mengurangi tenaga kerja manusia dalam proses pelaksanaannya.

Revolusi Industri 4.0 Yang Terjadi Di Indonesia


Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Di Indonesia sendiri Revolusi Industri 4.0 sudah terlihat sejak 2011 silam, yang ditandai dengan adanya peningkatan konektivitas, interaksi terhadap manusia, serta sumber daya yang semakin konvergen melalui teknologi, komunikasi dan informasi. Ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, pada acara sosialisasi roadmap implementasi Industri 4.0.

Terjadinya Revolusi Industri 4.0, sangat berpengaruh terhadap pasar yang positif dan perekonomian di Indonesia. dimana mulai banyak bermunculan bisnis lokal digital kreatif serta start-up di indonesia yang semakin populer. menurut beberapa sumber mencatat bahwa bisnis start-up di indonesia mencapai ribuan dan ini akan terus bertambah. bahkan menurut lembaga riset CHGR memproyeksikan bisnis start-up di indonesia bertumbuh sampai 6,5 kali lipat, diprediksi pada tahun 2020 bisa mencapai 13.000 bisnis start-up.

Lalu apa yang mendasari Bisnis Start-up dan Digital Kreatif di indonesia berkembang pesat?

Sebelum itu, kita bahas sedikit mengenai apa itu bisnis start-up. Bisnis Start-up adalah bisnis yang baru dirintis atau baru berkembang. namun istilah start-up ini menjurus pada bisnis yang berbasis pada teknologi dan informasi yang berkembang melalui internet. contoh start-up di indonesia yang sukses, seperti Go-Jek,Traveloka, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Alasan kenapa Start-up begitu cepat berkembang di indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. mungkin alasan utama adalah efisiensi barang atau jasa yang disediakan oleh bisnis tersebut, dengan kata lain mudah didapatkan atau mendapatkan layanan terbaik yang mana pasti diinginkan setiap orang terutama di era digital.

Hal yang mendasari Bisnis Start-up sendiri terkait dengan konsep ambisi, inovasi, tujuan, skalabilitas dan pertumbuhan. karena umumnya bisnis start-up adalah bisnis yang menawarkan barang atau jasa yang jarang atau bahkan tidak ada di pasaran umum.

Dengan banyaknya bermunculan Bisnis Start-up, ini juga akan memunculkan bisnis-bisnis lain di dunia Digital Kreatif. sebagai contoh, mulai banyak bermunculan website yang menyediakan layanan informasi, berita digital, game, hosting atau domain dan lainnya.

Semisal, salah satu website yang memberikan layanan Hosting Terbaik, sebut saja Niagahoster. karena ini salah satu hasil dari perkembangan Industri Digital Kreatif dan ini juga berkaitan dengan bisnis start-up sebagai alat "penunjang" start-up.


Persaingan Industri Digital Semakin Meningkat


Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Dengan ditabunya genderang perang Era Revolusi Industri 4.0. tentu memberikan kesempatan kawula muda Indonesia untuk berani terjun ke dunia Industri Digital Kreatif. pada tahun 2019 ini, memang sangat terlihat perkembangan bisnis-bisnis digital kreatif ataupun perseorangan yang bersaing, bukan hanya di negara sendiri tapi skala internasional. buktinya beberapa start-up di indonesia sudah dijuluki sebagai Unicorn atau Start-up yang memiliki value sebesar US$1 miliar.

Hal ini saling berkaitan, dan berdampak bermunculannya usaha-usaha kreatif digital lainnya. baik dalam skala kecil, menengah, ataupun besar. dengan demikian akan menimbulkan persaingan yang sangat ketat.

Nantinya tiap pelaku bisnis digital kreatif tentu akan menawarkan produk atau jasanya semaksimal mungkin. dengan jumlah pesaing yang meningkat tentu akan berdampak positif dalam persaingan bisnis. tiap-tiap pelaku bisnis akan didorong bersaing semaksimal mungkin, meningkatkan nilai produk/jasa, kegunaan, pelayanan, kemudahan, kualitas dan sebagainya.

Apalagi Era Revolusi Industri 4.0 memaksa kita secara perlahan untuk merubah cara hidup lama. dan diganti dengan dibantu teknologi yang membuat aktivitas kita sehari-hari lebih mudah dan efesien. itu hal yang merujuk terhadap Revolusi Industri 4.0 yang dampaknya muncul intellegence product dengan Internet of Things (IoT)

Peluang Bisnis Digital Kreatif Era Revolusi Industri 4.0


Melek Era Industri Digital Kreatif Yang Semakin Meluas Di Indonesia
Pada Revolusi Industri 4.0 membuka kesempatan bagi siapapun untuk mengenal lebih jauh bisnis digital kreatif ataupun internet. dengan meningkatnya konektivitas digital membantu siapapun mempermudah aktivitas, baik dalam jual beli, komunikasi, informasi atau lainnya.

Berikut ini Peluang Bisnis atau kerja dalam dunia Digital. memanfaatkan kelebihan personal atau komunitas melalui internet dan Dunia Digital. terutama bagi perorangan.

1. Jasa Digital

Kalian dapat menawarkan jasa keterampilan kalian dalam bidang yang terkait online atau digital. seperti, membuat logo atau design grafis, menulis, mengedit foto/video. optimasi sosial media untuk bisnis dan sebagainya.

2. Start-up

Start-up pada dasarnya tidak sulit. namun perlu kematangan dan kesiapan untuk memulainya. lebih bagus lagi memiliki partner yang bertujuan, visi dan misi yang sama untuk membangun sebuah star-up. dalam skala kecil maupun besar, seperti dalam bidang membangun Marketplace, Akomodasi, Transportasi, Financial, Properti, Teknologi dan masih banyak lagi.

3. Film / Fotografi

Dengan banyaknya website yang ada dapat menjadi medium untuk orang berkreasi. bagi kalian yang menyukai fotografi atau suka perfilman, di era sekarang memberikan kalian kesempatan untuk berkreasi. sebagai contoh, youtube dapat menjadi medium kalian untuk mengupload sebuah video dalam genre apapun dan dapat menghasilkan sebuah uang dengan persyaratan tertentu. atau yang suka fotografi dapat menjual hasil potretnya ke website yang menyediakan seperti fotolia, shutterstock,demand media dan masih banyak lagi.

ini juga membuka peluang untuk menjadikan kalian sebagai seseorang yang lebih profesional, dan dapat membantu menuju industri perfilman/fotografi yang sesungguhnya.

5. Game

Industri game memang sedang naik-naiknya, apalagi internet semakin tersebar luas membuat game online semakin pesat dikenal seluruh orang didunia. ini membuka kesempatan para developer game, terutama developer lokal yang berani membangun bisnis diranah ini. karena hampir kebanyakan game dipegang oleh perusahaan-perusahaan dari luar negeri yang memiliki modal gila-gilaan.

Memang di indonesia sudah banyak situs-situs yang memberikan layanan game, akan tetapi game tersebut hasil karya dari orang lain (luar negeri), bisa dibilang indonesia hanya sebagai konsumen bukan produsen.

6. Sofware / Aplikasi (Mobile atau Desktop)

Software ataupun aplikasi mobile memang sangat diperlukan untuk membantu suatu aktivitas secara efektif dan efisien. yang terpenting dalam hal ini adalah inovasi serta kegunaan yang sangat berpengaruh pada pengguna.



EmoticonEmoticon