Selasa, 14 Mei 2019

Penjelasan Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) CPNS Terbaru


Berikut cara pengisian DRH atau Daftar Riwayat Hidup untuk CPNS yang baik dan benar menurut anjuran sscn, sebagai syarat pemberkasan diharuskan mengisi atau membuat CV atau DRH. Dalam isi daftar riwayat hidup sendiri memiliki ketentuan yang wajib diisi dengan baik dan benar agar data terinput dengan baik serta teratur.

Penjelasan Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) CPNS
Petunjuk untuk mengisi DRH disini banyak dilakukan para calon pegawai negeri sipil, agar memenuhi kriteria daftar riwayat hidup yang baik. Untuk itu simak dengan baik cara mengisi daftar riwayat hidup untuk pemberkasan CPNS.

Contoh Cara Mengisi DRH atau CV CPNS


Format Daftar Riwayat Hidup ini bisa langsung didownload, dan langsung anda cetak, untuk ukuran cetaknya sendiri menurut request menggunakan kertas F4. Jadi nanti tinggal diisi sesuai dengan perintah dan data pribadi kita. klik untuk mendownload contoh form DRH.

Dari beberapa sumber menyebutkan, untuk mendapatkan form DRH yang baik, bagusnya diambil dari BKD daerah masing-masing atau dari lampiran pengumuman pemberkasan BKD. Karena di form DRH terkadang ada beberapa data yang berisi format berbeda.

Untuk data tertentu boleh ditambahkan kolomnya disesuaikan dengan data anda. Misal anda memiliki saudara kandung banyak, nah kolom untuk saudara kandung bisa ditambahkan sendiri sebelum dicetak, maka dari itu perlu diperhatikan baik-baik.

Bagian 1 (Keterangan Perorangan)

Disini terdapat keterangan perorangan yang mana harus diisi dengan data pribadi yang benar dan jelas. Isi semua keterangan perorangan sesuai data diri, gunakan huruf kapital untuk mengisi Nama, NIK, Tempat dan Tanggal Lahir.

Lalu isi data diri lainnya sesuai dengan kita, seperti Agama, Email, Status, Nomor Telp dan sebagainya. Jika terlampir "NIP" atau "Pangkat dan golongan ruang" jangan diisi atau kosongkan saja.

Bagian 2 (Pendidikan)

Disini mengenai riwayat pendidikan, seperti biasa diisi sesuai data diri anda yang telah terdaftar. Isi bagian "Tingkat" seperti biasa SD, SMP, SMA atau sebagainya, dan "Nama Sekolah" sesuai riwayat anda.

Baca Juga: Cara Membuat dan Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan / Print

Untuk mengisi bagian "Akreditasi", jika anda sekolah negeri silahkan tulis "negeri" namun jika swasta silahkan isi dengan "Terakreditasi" atau "Disamakan", "Diakui". Tempat sekolah dan Jurusan silahkan sesuaikan, begitu juga untuk nomor ijazah serta Pejabat Penandatangan, kepala sekolah atau rektor (kuliah). Untuk bagian "Gelar" diisi dengan gelar yang anda dapatkan dari sekolah tersebut, seperti S.pd, S.H dan sebagainya.

Bagian Kursus/Latihan didalam atau luar negeri silahkan isi sesuai data yang terlampir, jika tidak ada silahkan kosongkan saja dulu.

Bagian 3 (Riwayat Pekerjaan)

Disini terdapat Riwayat Pekerjaan, silahkan isi sesuai data diri anda, jika tidak ada silahkan kosongkan saja.

Bagian 4 (Tanda Jasa/Penghargaan)

Disini berisi Tanda Jasa/Penghargaan, jika memiliki pernghargaan atau tanda jasa silahkan dilampirkan.

Bagian 5 (Riwayat Keluarga)

Seperti biasa isi sesuai dengan data diri, untuk akte nikah bisa didapatkan di buku nikah. Untuk bagian "Orang Tua" kandung, jika "Status Hidupnya" sudah meninggal  silahkan kosongkan saja bagian "NIK", juga jika orang tua bukan PNS silahkan kosongkan saja bagian "NIP" (Nomor Induk Pegawai).

Jika saudara kandung sudah memiliki beda KK, silahkan untuk tetap mengisi data saudara kandung.

Seperti pada bagian orang tua, bagian "Bapak/Ibu Mertua" silahkan diisi dan jika bukan PNS silahkan kosongkan bagian NIP.

Bagian 6 (Keterangan Organisasi)

Diisi dengan keikutsertaan yang pernah anda ikuti dalam sebuah organisasi, diisi sesuai data yang diminta dalam form DRH BKD.

Bagian 7 (Keterangan Lain-Lain)

Diisi saja sesuai form DRH, umumnya berisi Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Surat keterangan lainnya yang dianggap perlu.

Sekian petunjuk untuk mengisi form Daftar Riwayat Hidup untuk CPNS, jika masih ada kebingungan saat pengisian data-data silahkan lihat video dibawah ini untuk lebih jelas.





EmoticonEmoticon