Kamis, 06 Juni 2019

Tips Menyaring/Membedakan Mana Berita Hoax dan Berita Realitas


Akhir-akhir ini berita hoax atau hoaks semakin merajalela dijejaring sosial ataupun internet. Dampaknya begitu buruk bagi korban, beritanya banyak yang membagikan lalu dipercayai sebagai berita realitas. Apalagi orang-orang yang baru mengenal internet, masih banyak yang mudah terhasut dengan berita bohong yang beredar luas di internet.

Apa sih Hoax? hoaks (hoax; bahasa inggris) adalah informasi yang tidak benar dengan realitas tapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hoax berisikan berita palsu, fitnah, baik dikemas dengan sifat provokatif ataupun manipulatif.

Tips Menyaring Berita Hoax dan Berita Realitas
Lalu bagaimana cara yang baik untuk menyikapi hal tersebut? Sebagai pengguna atau penikmat, kita harus lebih selektif dalam menyaring sebuah berita yang tersebar di internet, bukan hanya internet di TV pun harusnya kita tidak mudah percaya bahkan kehidupan nyata sekalipun, karena terkadang banyak sifat manipulatif yang disisipkan dalam sebuah acara atau program untuk menarik perhatian ataupun sebagai keuntungan pihak tertentu.

Berikut ini cara membedakan mana berita yang hoax dan tidak. Setidaknya kita tahu mana yang harus dipercaya untuk dishare di media sosial dan mana yang harusnya tidak disebarkan.

1. Hati-Hati Dengan Judul Yang Provokatif

Judul begitu penting dalam sebuah artikel, karena utamanya hal yang pertama menarik perhatian dalam sebuah artikel adalah judul, lantas seperti apa judul yang terindikasi hoax? hati-hati dengan judul yang bersifat provokatif, kita harus riset berita yang serupa di berbagai sumber terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa berita tersebut tidak menyimpang dari konteks utama atau bahkan dibuat-buat seolah-olah nyata.

2. Perhatikan Sumber/Link Berita

Jika anda melihat berita provokatif yang bersumber "blogspot.com/wordpress.com" kita harus hati-hati, karena alamat tersebut adalah domain gratis yang bisa dibuat siapa saja, jika kalian melihat seperti itu, kita harus waspada terhadap berita tersebut.

Sekalipun kita melihat berita dari website yang berdomain "berita.com atau asliberita.net" dan sebagainya, kita harus waspada, lihat isi sumber berita tersebut dari mana. Walau sumber berita dari website terkenal sekalipun seperti kompas, cnn, idn times, tribun dan sebagainya tetap saja kita wajib selektif terhadap sumber yang jelas. Ada baiknya kita tidak menyimpulkan secara buru" tanpa referensi yang jelas.

3. Cek Keaslian Foto/Video

Biasanya jika berita ditambahi media seperti foto/video, kita harus tau mana yang terlihat foto/video editan dan tidak. Ini menjadi salah satu tolak ukur keaslian berita. Kita juga bisa mengecek dengan cara drag-and-drop ke pencarian google, agar bisa melihat jika ada gambar/berita serupa untuk memastikan mana berita yang benar-benar asli.

4. Tanyakan pada Grup diskusi anti hoax atau Ahli

Jika dirasa kita masih kebingungan, tanyakan pada grup diskusi tentang hoax di media sosial seperti facebook atau aplikasi chat, untuk saling tau berbagi referensi mengenai berita tersebut. Jika ada gambar/video yang meragukan anda, tanyakan pada beberapa orang yang tau mengenai foto/video, bahwa video tersebut memiliki unsur editan atau tidak.


Kesimpulannya, jangan sampai kita mudah terhasut dengan berita provokatif atau manipulatif yang dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan terhadap korban maupun anda sebagai orang yang membagikan berita tersebut, harus ada sumber yang sekiranya kredibel. Tangan mu, Harimau mu, semua yang anda bagikan seharusnya dapat anda pertanggung jawabkan, baik terhadap sesama manusia ataupun anda dengan Tuhan.



EmoticonEmoticon