Sabtu, 03 Agustus 2019

Nox Lag? Cara Setting Agar Main Game di Nox Tidak Lag dan Lebih Ringan


Jika kalian sering bermain game mobile di komputer/pc, pasti kendala yang sering terjadi adalah lag pada emulator tersebut, karena umumnya perangkat mobile yang diemulasikan di komputer tidak bekerja semaksimal seperti di mobilenya itu sendiri. Jadi sangat wajar kalau terjadi lag.

Karena dibutuhkan penyesuaian atau setting yang benar agar emulator berjalan dengan baik. Kali ini kita akan bahas mengenai setting di emulator Nox agar tidak lag dan bekerja dengan maksimal, untuk itu kalian yang bermain game mobile menggunakan emulator nox dan mengalami lag, simak cara mengatasinya.

Ini berlaku untuk semua game yang bisa dimainkan di emulator nox, seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends dan lainnya. Yang pasti kita memaksimalkan kinerja emulator Nox-nya.

Cara Setting Agar Main Game di Nox Tidak Lag dan Lebih Ringan

Sebelum lebih jauh, syarat utama agar emulator Nox tidak lag yaitu spesifikasi yang memenuhi standar, jadi jika komputer atau laptop kalian dibawah standar spesifikasi, tidak aneh jika emulator nox lag atau lambat.

Berikut ini spesifikasi emulator Nox

- OS Windows 7/8/10 (Terbaru)
- CPU multiple core yang support Virtualization Technology
- Support Open GL 2.0 atau lebih
- 4GB RAM atau lebih
- Tersedia 1,5GB ruang hard drive
- Koneksi internet stabil

Baca juga: Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/Komputer

Jika laptop/komputer kita sudah memenuhi spesifikasi minimun untuk bisa menggunakan emulator Nox, namun emulator masih lag saat bermain game. Berikut cara memaksimalkan kinerjanya.

Cara Mengatasi Emulator Nox Yang Lag


Cara ini sangat ampuh untuk bisa memaksimalkan kinerja emulator Nox. Ingat, jika komputer/laptop dibawah spesifikasi minimun tentu akan sangat sulit mendapatkan performa terbaik dari emulator Nox meskipun sudah menggunakan cara ini.

1. Aktifkan Virtualization Technology Prosesor

Karena emulator Nox support untuk Virtualizaton Technology Prosesor, jadi kita harus aktifkan mode VT terlebih dahulu agar kinerja emulator lebih baik saat pengoprasiannya. VT sendiri berfungsi untuk memaksimalkan kerja prosesor pada mesin virtual atau seperti memiliki beberapa prosesor yang masing-masing bisa menjalankan operating system yang berbeda beserta program-programnya, seperti contohnya emulator.

FYI, jadi pada prosesor itu ada teknologi yang namanya Virtualization Technology (VT). Teknologi ini sudah ada pada prosesor yang populer sekarang, seperti Intel atau AMD. Kedua prosesor ini memiliki teknologi ini, namun dari keduanya memiliki penamaan yang berbeda pada VTnya, Intel VT untuk prosesor Intel dan AMD-V untuk prosesor AMD. Ada juga prosesor yang belum support untuk VT ini.

Untuk tau prosesor kita sudah support VT atau belum, kita harus cek terlebih dahulu menggunakan software LeoMoon CPU-V .

Cara Setting Agar Main Game di Nox Tidak Lag dan Lebih Ringan

Jika pada "VT-x Supported" atau yang sebelah kiri pada gambar sudah terdapat tanda centang, berarti prosesor yang kita gunakan sudah support VT. Nah jika yang sebelah kanan atau "VT-x Enable" tanda silang kita hanya perlu mengaktifkannya. Akan tetapi kalau yang tanda silang pada "VT-x Supported" berarti prosesor kita tidak support Virtualization Technology.

2. Setting Didalam Emulator Nox

Pastikan kita setting emulator Nox, menyesuaikan dengan spesifikasi laptop/komputer ataupun setting terbaik untuk pc kita. Seperti, berapa core prosesor yang kalian gunakan, nah setting pada nox yang sesuai kerja maksimal prosesor kalian.

Dalam keadaan setting default Nox, CPU menunjukan maksimal core hanya 2, nah jika prosesor yang kalian gunakan lebih tinggi (misal: 4 core 4 thread) silahkan untuk ubah setting ini untuk mendapatkan kerja maksimal, termasuk juga pada setting RAM.

Cara Setting Agar Main Game di Nox Tidak Lag dan Lebih Ringan

Intinya atur emulator Nox sebaik mungkin sesuaikan dengan spesifikasi laptop atau komputer yang kalian gunakan, jangan memaksakan high setting jika pc kentang, akan tetap lag atau bahkan malah merusak laptop/komputer kalian.

Atur semua "setting" pada emulator nox, termasuk frame setting, graphics rendering mode dan sebagainya. Sehingga kita menemukan performa terbaik.


3. Setting Didalam Game

Jika kedua hal diatas sudah dilakukan, yang terakhir kita setting pada in game, baik free fire, pubgm, mobile legends atau lainnya.

Cara Setting Agar Main Game di Nox Tidak Lag dan Lebih Ringan

Seperti biasa setting pada in game juga harus disesuaikan dengan spesifikasi komputer/laptop yang kita gunakan, jangan memaksakan sehingga malah mengakibatkan merusak pc/laptop kita. Cari settingan yang sesuai agar kita mendapatkan performa terbaik.


Itulah 3 cara dasar untuk memaksimalkan kinerja emulator pada laptop/pc kita. Ini cara yang saya gunakan untuk membantu agar saat bermain di emulator Nox tidak lag, dan pastinya works. Dasarnya ketiga cara ini paling dasar untuk memaksimalkan kinerja emulator.



EmoticonEmoticon